Menu
Tips Menabung yang Efektif Untuk Biaya Umroh
Posted : 2020-10-12, By Admin SHG
Tips Menabung yang Efektif Untuk Biaya Umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah yang penting bagi umat Islam karena ibadah ini bertujuan untuk mendapatkan ridho Alloh Subhanahuwata’ala. Umroh juga menjadi tujuan umat muslim pergi bersama dengan keluarganya bahkan menjadi motivasi untuk menabung apalagi biaya umroh tidak bisa dibilang murah. Untuk kisaran harga paket umroh 2020 mulai dari Rp 22 jutaan hingga Rp 53 jutaan tergantung berapa hari umroh dan juga tujuan wisata yang ingin didatangi. 

Ini merupakan harga kisaran paket umroh sehingga bisa berbeda setiap penyedia paket. Hanya saja untuk harga paket umroh akan selalu naik setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan faktor nilai tukar uang rupiah dan juga faktor inflasi. Ini juga menjadi faktor kenaikan produk-produk lainnya sehingga bagi yang ingin umroh disarankan untuk menabung sekarang juga. 

Tips Menabung Untuk Umroh

Karena biaya paket umroh yang selalu naik karena faktor inflasi dan nilai tukar mata uang rupiah, anda membutuhkan tips dan trik tepat cara menabung untuk biaya umroh agar bisa tercapai meskipun selalu terjadi peningkatan biaya. Beberapa tips menabung untuk umroh yaitu :

1. Menabung sedini mungkin

Apabila anda sudah memiliki tujuan untuk umroh, sebaiknya untuk menabung sedini mungkin. Apabila anda belum mulai menabung, lakukanlah sekarang juga. Sebaiknya tabungan tersebut tidak digunakan untuk hal lain dan fokus hanya untuk menabung agar bisa umroh.

Tidak perlu memikirkan berapa jumlah yang harus ditabung. Jika anda memang hanya memiliki sedikit sisa uang untuk ditabung maka tetap ditabung karena tabungan akan meningkat seiring bertambahnya waktu tanpa disadari. 

Namun memang salah satu cara menabung yang efektif yaitu menetapkan jumlah yang ingin ditabung hanya saja pilihan ini opsional karena setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda. 

2. Disiplin anggaran

Seperti yang telah dijelaskan, anda memang harus menabung sedini mungkin karena biaya umroh yang tidak murah. Namun anda juga harus mengatur pengeluaran anggaran anda. Jangan sampai anda lalai dalam mengatur anggaran.

Kelalaian mengatur anggaran malah akan membuat anda menggunakan uang yang seharusnya ditabung dan menggunakannya untuk hal yang tidak semestinya. Hal ini tentu akan mengurangi tabungan anda padahal jika menabung secara rutin dan menetapkan anggaran dengan konsisten maka anda bisa pergi umroh dalam waktu singkat. 

3. Manfaatkan emas untuk mengurangi resiko inflasi dan kenaikan dollar

Salah satu cara menabung lainnya yang disarankan yaitu dengan menabung emas. Harga emas memang sudah dikenal selalu meningkat setiap tahunnya seiring dengan terjadinya inflasi. Hanya saja harga inflasi dapat menutupi kenaikan inflasi sehingga dapat menutupi kerugian akibat inflasi. 

Maka dari itu banyak yang akhirnya memutuskan untuk membeli emas untuk investasi jangka panjang. Umumnya mereka akan membeli emas saat harganya rendah dan dijual lagi ketika harganya sudah tinggi namun tentu dibutuhkan waktu hingga beberapa tahun agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal sehingga emas termasuk investasi emas jangka panjang. 

Apabila modal anda masih terbatas untuk membeli emas batangan, anda bisa menabung dalam bentuk emas digital di Sehatigold.com untuk umroh. Pembelian emas batangan harus minimal 1 gram hanya saja harganya termasuk mahal. Namun emas digital di Sehatigold dapat dibeli dengan nominal terkecil yaitu 0,01 gram atau Rp 10.000. Emas digital ini nantinya juga dapat dijual kembali atau bisa ditukar ke logam mulia atau perhiasan sesuai keinginan anda. Harga emas sendiri cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Harga emas hari ini tercatat Rp 945.058 di sehatigold.com


Komentar