Menu
Tips Membeli Perhiasan Emas Impian Anda
Posted : 2020-08-17, By Admin SHG
Tips Membeli Perhiasan Emas Impian Anda

Emas adalah logam mulia yang dapat digunakan sebagai modal investasi, dalam bentuk perhiasan emas dan batangan emas. Perhiasan emas juga sangat dicintai oleh kaum hawa sebagai aksesori untuk mempercantik diri. Ada beberapa alasan mengapa emas dipilih sebagai logam untuk menjadi bahan dasar perhiasan. Selain warnanya yang tidak akan pudar oleh waktu, emas juga logam yang tidak akan teroksidasi oleh asam. 

Seiring dengan perkembangan zaman, perhiasan emas pun bermunculan dengan berbagai variasi dalam kadar yang berbeda, dengan variasi batu permata alami ataupun imitasi. Untuk mereka yang ingin menggunakan perhiasan emas sebagai salah satu media untuk melakukan investasi, dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa tips untuk membeli perhiasan emas:

Ketahui Harga Emas Hari Ini

Harga emas selalu berfluktuasi setiap hari. Beli emas saat harganya turun. Anda dapat memeriksa harga emas di logammulia.com, pegadaian.co.id atau sehatigold.com. Harga perhiasan emas terdiri dari harga emas per gram ditambah biaya pembuatannya. Biaya pembuatan ini biasanya bisa dinegosiasikan. Perlu diingat bahwa harga emas yang tercantum di website tersebut adalah harga emas murni dan Anda perlu mempertimbangkan faktor kadar emasnya. 

Pilih Toko Emas yang Memiliki Reputasi yang Baik

Harga emas dari PT. Antam, melalui situs logammulia.com, memang digunakan sebagai patokan harga emas nasional. Namun, setiap toko emas masih memiliki kebebasan untuk memainkan harganya. Karena itu, pilih toko yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya. 

Perhatikan Kondisi Perhiasan Emas

Anda juga harus memperhatikan kondisi perhiasan emas yang akan Anda beli. Pastikan tidak ada cacat, seperti goresan, atau luka. Pada gelang atau kalung, Anda harus memilih kunci berbentuk S, karena kunci lebih tahan lama daripada tombol yang ditekan. 

Perhatikan Model Perhiasan Emas yang Abadi

Selain kondisinya, Anda juga harus memperhatikan model perhiasan emas yang akan Anda beli. Lebih baik membeli model emas bahwa trennya tidak akan berubah dalam beberapa tahun mendatang. Ini akan memudahkan Anda ketika ingin menjual emas. Perhiasan emas yang mengikuti trend fast fashion menekankan pada trend sehingga modelnya cenderung akan terlihat “membosankan” dalam waktu cepat. 

Perhatikan Kadar Emas yang Anda Beli

Perhiasan emas diproduksi dalam berbagai kadar. Sehingga Anda akan menemukan perhiasan emas dengan harga yang terpaut cukup besar. Menurut standar internasional, tingkat kemurnian emas adalah sebagai berikut:

  • Komposisi emas 24 karat: emas murni kadar 99,99%;
  • Komposisi emas 22 karat: emas kadar 91,6%; 
  • Komposisi emas 21 karat: emas kadar 87,5%;
  • Komposisi emas 18 karat: emas kadar 75%;
  • Komposisi emas 16,8 karat: emas kadar 70%;
  • Komposisi emas 14 karat: emas kadar 58,5%;
  • Komposisi emas 9 karat: emas 37,5%.

Beli Perhiasan Emas Bersertifikat dan Simpan Bukti Pembelian

Lebih baik Anda membeli perhiasan emas yang memiliki sertifikat. Sertifikat ini menjaga harga jual tetap tinggi. Selain itu, simpan juga bukti pembelian untuk membuatnya lebih mudah saat emas akan dijual kembali. Setelah membeli perhiasan emas, simpan di tempat yang benar dan aman. Jika Anda menyimpannya di rumah, Anda dapat menyimpannya di kotak perhiasan. 

Hindari Membeli Perhiasan Emas dengan Harga “Borongan”

Seringkali kita menemukan perhiasan emas yang dibandrol dengan harga nominal tanpa mencantumkan harga per gram. Pembelian perhiasan emas seperti ini cenderung akan merugikan Anda karena biasanya harga emas per gramnya akan sangat mahal. Anda bisa mengeceknya dengan membagi harga “Borongan” tersebut dengan gramasi perhiasannya. 


Komentar