Menu
Self Reward Sebagai Investasi, Kok Bisa?
Posted : 2021-11-22, By Admin
Self Reward Sebagai Investasi, Kok Bisa?

Sudahkah Anda melakukan self reward hari ini? Kalau belum, cobalah untuk melakukannya. Self reward bisa dikatakan sebagai self love, karena self reward adalah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri atas proses dan pencapaian yang telah dijalani serta didapatkan.

Self reward juga termasuk hal yang terbilang cukup penting untuk diri sendiri, karena dengan itulah seseorang menjadi lebih menghargai dirinya sendiri yang telah berjuang keras dalam menjalankan proses yang telah dilewati.

Baca Juga: Mau Investasi Reksadana yang Cuan? Simak Cara Kerja dan Simulasi Keuntungannya!

Asal tidak melakukan self reward dengan pemborosan, self reward bisa dikategorikan sebagai bentuk investasi. Kok bisa? Nah, agar pemahaman Anda lebih dalam mengenai pengertian self reward sebagai bentuk investasi, mari simak ulasan berikut ini.

Masalah Milenial dan Self Reward

Kebanyakan anak muda zaman sekarang atau yang biasa disebut dengan milenial dan generasi z adalah kerja, lalu lembur, mengalami stres terhadap pekerjaan atau lingkungannya, dan kembali kerja lagi.

Karena hal tersebut, timbullah burnout, hingga produktivitas menurun, yang menyebabkan tingginya keinginan untuk liburan sebagai bentuk menghibur diri dari kepenatan pekerjaan, atau sekedar mengapresiasi diri karena merasa telah bekerja keras selama ini.

Hal ini pun tak bisa dikatakan buruk, sebab self reward yang dilakukan bisa dikategorikan sebagai investasi, karena memanjakan diri sendiri memang dianggap baik untuk jangka panjang. Namun, self reward ini akan jadi boomerang jika dilakukan dengan pemborosan sehingga tak dapat memiliki tabungan.

Alokasikan Dana Self Reward Dengan Baik

Semangat untuk terus bekerja dengan baik pun menjadi lebih terjaga, tetapi sikap kurang bijaksana terkait self reward justru dapat membuat Anda buntung. Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Membahas Keuangan Sebelum Menikah, Apa Tipsnya Agar Tidak Ribut?

1.Self Reward Gak Mesti Soal Uang

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah ada self reward yang tidak memakai uang? Jawabannya, ya. Self reward jenis ini dapat dilakukan dengan berolahraga sebelum ke kantor, dan hari libur pun bisa menjadi saat yang tepat untuk berolahraga. Anda dapat berolahraga sepuasnya untuk menjaga kebugaran tubuh dan meredakan stres, sehingga dana self reward pun dapat dialokasikan dengan bijak.

2. Tetapkan Anggaran Untuk Self Reward

Jangan lantas kehilangan kontrol dalam rangka memberi penghargaan untuk diri sendiri. Contohnya, Anda punya target menabung satu juta rupiah setiap bulannya. Namun, bulan ini Anda mendapatkan bonus sehingga memiliki uang menganggur sebesar Rp1,5 juta rupiah. Anggaran maksimalmu untuk self reward ialah Rp500 ribu, dan itu pun tidak harus dihabiskan. 

Jangan sampai Anda mengurangi jatah untuk tabungan meskipun bulan depan ada kemungkinan Anda akan mendapatkan bonus lebih banyak. Jangan sampai hal tersebut menjadi kebiasaan yang sukar diubah.

3. Menambah Investasi Sebagai Self Reward

Rasanya, tak ada tak suka bila aset-aset atau saldo rekeningnya bertambah berkat rajin berinvestasi, bukan? Bukan serakah, tetapi kenyataannya hasil dari berinvestasi dapat meringankan beban keuanganmu.

Oleh karena itu, menambah investasi pun bisa menjadi pilihan self reward. Dengan lebih banyak berinvestasi, kelak Anda jadi tak perlu lagi bekerja terlalu keras untuk mendapatkan uang dan tabungan yang banyak.

Hal ini dapat dapula dilakukan di Sakumas, platform menjual dan membeli produk berbahan dasar emas. Anda dapat membeli emas di Sakumas dan menjadikannya sebagai investasi jangka panajang Anda, telebih lagi kerena investasi emas belakangan ini sangat diminati karena nilainya yang terbilang jarang turun.

Baca Juga: Metaverse: Investasi Jangka Panjang, Dari Film Sci-Fi Menjadi Realitas

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk self reward seabgai investasi. Jangan lupa untuk memanjakan dan menyayangi diri sendiri karena telah bekerja keras selama ini, namun tetap pada porsinya, dan tidak membuat diri sendiri merasakan kerugian akibat self reward yang berlebihan.


Ilustrasi : https://image.freepik.com/free-photo/photo-charming-woman-expresses-self-love-care-enjoys-wearing-new-soft-green-sweater-embraces-own-body-recalls-romantic-moment-with-boyfriend_273609-34209.jpg 


Komentar