Menu
Populer dan Laris, 5 Ide Bisnis Rumahan Ini Bisa Anda Coba
Posted : 2021-11-26, By Admin
Populer dan Laris, 5 Ide Bisnis Rumahan Ini Bisa Anda Coba

Di era ini, bisnis rumahan jadi semakin berkembang. Terlebih sejak adanya internet. Meski skalanya rumahan, hal itu tetap berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi. Tergantung bagaimana Anda menjalankannya. 

Untuk itu, #SakuMin akan memberikan 5 rekomendasi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Ulasan ini cocok untuk karyawan yang mulai lelah bekerja, pensiunan, mahasiswa yang butuh tambahan uang jajan, hingga ibu rumah tangga yang butuh sambilan.

Memulai Bisnis Rumahan, Apa Saja Rekomendasinya?

Untuk mulai berbisnis, Anda tidak perlu membayangkan yang muluk-muluk. Mulai saja dulu dari bisnis rumahan. Ada banyak bisnis-bisnis yang bisa Anda jalankan di rumah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bisnis rumahan yang keuntungannya cukup menggiurkan.

1. Dropship/Reseller

Bisnis rumahan online dengan skema dropship masih jadi primadona hingga saat ini. Bisnis ini cocok untuk Anda yang sedang mulai belajar berbisnis. Pasalnya, hal ini termasuk bisnis modal kecil dengan resikonya yang juga relatif kecil.

Selain itu, hal ini juga cocok menjadi bisnis rumahan untuk mahasiswa. Jangan mudah puas hanya dengan bisnis dropship. Keuntungannya kecil.  Jika Anda merasa sudah cukup paham celah-celahnya, langsung upgrade saja jadi reseller. Dengan menjadi reseller, Anda bisa mencari keuntungan lebih besar. 

Dalam menjalankan bisnis ini, memilih produk dan supplier/distributor sangatlah krusial. Selain itu, Anda juga harus eksplorasi cukup dalam di bidang digital marketing. Misalnya tentang pemasaran di sosial media, membuat konten digital, SEO, dll.

2. Ternak Kroto

Banyak orang membutuhkan kroto sebagai pakan burung, umpan pancing, hingga bahan untuk obat herbal. Karena kroto relatif langka, harganya di pasaran cukup tinggi. Membudidayakan kroto di rumah sangat menjanjikan. Jangan termakan gengsi, yang penting cuan.

Sebelum memulainya, persiapkan beberapa hal penunjang, misalnya,

1. Menyiapkan bibit koloni yang bisa Anda beli dari petani.

2. Sarang dari toples dan rak khusus untuk meletakan sarang.

3. Membuat ruangan khusus atau kandang sebagai tempat membudidayakan kroto. 

4. Setelah Anda memulainya, pakan juga harus Anda perhatikan. Pakan semut rangrang yang bisa Anda gunakan misalnya, ulat Hongkong, daging ayam, tulang, jangkrik, belalang, dll. 5. Pastikan Anda juga memberikan larutan gula pasir.

Cara budidayanya bisa Anda pelajari dari Youtube atau belajar langsung ke salah satu pembudidaya. 

3. Budidaya Lele & Kangkung dengan Ember

Pada tahun 2020 budidaya lele dan kangkung dalam ember menjadi tren bisnis di masa pandemi. Bisnis ini cukup menarik karena bisa menggunakan modal minim. Produknya pun mudah diterima pasar.

Anda bisa menjual lele ke tetangga, pasar, atau jadi supplier untuk pedagang pecel lele. Begitu pun dengan kangkungnya.

Budidaya lele yang konvensional memang butuh area yang cukup luas untuk membuat kolam. Maka dari itu, budidaya dengan ember jadi suatu terobosan karena bisa mengatasi kekurangan lahan. 

4. Bisnis Bawang Goreng

Bisnis kuliner rumahan yang saat ini cukup populer misalnya, rice bowl, dessert box, salad buah, frozen food, dll. Tapi apakah Anda pernah memikirkan bisnis bawang goreng kemasan?

Meski sepele, jangan remehkan bisnis ini. Bisnis ini berpotensi menghasilkan omset besar. Sebagai permulaan, Anda bisa mengerjakan produksinya secara manual. Ketika perkembangannya cukup oke, segera upgrade peralatan produksinya, misalnya, 

1. Mesin pengupas bawang.

2. Alat pemotong bawang.

3. Spinner untuk meniriskan minyak bawang goreng.

4. Deep fryer, dll.

Pemain lama di bisnis ini sudah merambah platform online dengan statistik penjualan online yang cukup oke. Hal tersebut membuktikan bahwa marketnya cukup potensial.

5. Bisnis Sambal Kemasan

Selain bawang goreng, bisnis sambal kemasan juga terkesan sepele tapi sangat menjanjikan. Kegemaran orang Indonesia terhadap sambal menunjukan bahwa peluangnya sangat besar.

Bukannya orang-orang biasanya membuat sambal sendiri? Tidak semua orang bisa membuat sambal sendiri. Ada juga yang ingin sesuatu yang lebih praktis. Maka dari itu, supaya sukses menjalankan bisnis ini, pastikan rasa sambel milik Anda benar-benar enak. Jadi orang-orang tertarik membeli sambal Anda karena ada value lebih.

Produk sambal kemasan tidak terbatas pada sambal bawang atau sambal terasi yang konvensional. Anda juga bisa eksplorasi ke jenis sambal lain, misalnya: sambal roa, sambal hijau, sambal bumbu pecel, sambal tuna, dll. 

Nah, itulah 5 ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba untuk terus meraih keuntungan yang besar walau hanya di rumah.

ilustrasi : freepik.com


Komentar