Menu
Penandatanganan Perjanjian Perdagangan Amerika dan Tiongkok
Posted : 2020-01-13, By Admin SHG
Penandatanganan Perjanjian Perdagangan Amerika dan Tiongkok

Wakil Perdana Mentri Tiongkok, Liu He, berangkat ke Amerika untuk menandatangi perjanjian perdagangan Tahap Pertama di Washington, Amerika Serikat. Rencananya Tim dari Tiongkok tersebut akan bersinggah di Negara Paman Sam tersebut antara 13 – 15 Januari 2020.

Dikatakan sebelumnya oleh Presiden Donald Trump pada 31 Desember 2020 yang lalu bahwa penandatangan Perjanjian Perdagangan tersebut akan diadakan di Gedung Putih Amerika Serikat. Perjanjian ini akan diikuti oleh negosiasi tahap berikutnya yang akan di Beijing dalam kurung waktu yang dekat. Nara sumber Gedung Putih juga mengatakan bahwa tidak kurang dari 200 orang sudah diundang oleh Presiden Donald Trump untuk menghadiri acara ini.

Perjanjian Tahap Pertama ini di antaranya akan berisi mengenai penurunan tariff impor, rencana kenaikan anggaran impor Negara Tiongkok, dan pembahasan mengenai hak intelektual.

Amerika dan Tiongkok terlibat dalam Perang Dagang yang dimulai semenjak satu tahun yang lalu dan memanas pada pertengahan 2019. Perang Dagang tersebut melibatkan beberapa ronde pemberlakuan tariff impor antara kedua belah pihak. Hal tersebut memicu kekhawatiran dunia dan mendorong harga emas di pertengahan tahun 2019.

Komentar