Menu
Mengenal Mutiara dan Ciri-Cirinya
Posted : 2020-08-01, By Admin SHG
Mengenal Mutiara dan Ciri-Cirinya

Diantara banyaknya jenis perhiasan, mutiara adalah salah satu yang bernilai tinggi. Proses pembentukan mutiara yang melalui proses panjang, membutuhkan waktu lama, membuat mutiara dijual dengan harga yang sangat tinggi. Mutiara ini banyak dicari untuk perhiasan, karena kesan klasik dan mewah membuat pemakainya terlihat elegan. Tak heran jika para wanita menyukainya. Anda yang ingin memiliki perhiasan ini, setidaknya harus mengenal mutiara lebih dalam agar bisa membedakan antara mutiara asli dan palsu. 

Mengenal Mutiara dan Karakteristik yang Membedakannya dengan Imitasi 

Mutiara ini dihasilkan oleh moluska istimewa yang berasal dari keluarga Pteriidae, yang dikenal dengan tiram mutiara. Proses menghasilkan mutiara secara alami membutuhkan waktu lama dan proses panjang, ditambah lagi keberadaannya yang cukup langka. Karena itu kini sudah banyak budidaya kerang mutiara yang memang ditujukan untuk menghasilkan perhiasan ini. Di sisi lain, semakin banyaknya peminat mutiara membuat semakin banyak pula oknum yang sengaja membuat imitasinya untuk dijual dengan harga tinggi. Karena itu, berikut adalah beberapa ciri mutiara asli.

Dilihat dari Bentuk 

Ciri mutiara yang asli bisa dilihat dari bentuknya yang cenderung tidak sempurna. Baik itu tidak berbentuk bulat sempurna, seperti relatif lonjong, ataupun terdapat beberapa cacat minor. Hal tersebut sangat wajar karena mutiara sendiri terbentuk dari alam. Berbeda dengan mutiara imitasi yang memiliki bentuk benar-benar bulat sempurna karena memang dibuat dengan mesin.

Warna 

Untuk bisa membedakan antara mutiara asli dan imitasi, Anda harus mengenal mutiara dan ciri-cirinya terlebih dahulu. Ciri selanjutnya yang membedakan antara mutiara asli dan imitasi adalah warnanya. Mutiara umumnya berwarna putih atau ivory (gading). Ada pula yang berwarna kuning, pink bahkan berwarna hitam. Mutiara yang asli ketika dilihat dengan menggunakan pencahayaan yang baik, warnanya akan terlihat memiliki tone (gradasi). Hal berbeda jika mutiara tersebut imitasi, karena warnanya cenderung merata. Tone warna mutiara paling disukai adalah tone rose atau gading pada mutiara putih.

Tekstur Permukaan 

Karakteristik berikut ini juga bisa menjadi ciri yang membedakan antara mutiara asli dan imitasi. Mutiara asli memiliki permukaan yang tidak halus. Bahkan, jika Anda melihat dengan kaca pembesar, permukaannya cenderung kasar dengan tekstur yang menyerupai sidik jari manusia. Selain menggunakan kaca pembesar, untuk mengecek tekstur ini juga bisa Anda lakukan dengan menggosokkan dua buah mutiara. Ketika digosokkan, Anda akan bisa merasakan permukaan yang tidak rata. Berbanding terbalik dengan mutiara imitasi yang cenderung sangat halus.

Pantulan Cahaya 

Ciri dari mutiara asli yang membedakannya dengan mutiara imitasi bisa dibedakan dari pantulan cahayanya. Mutiara asli yang berkualitas baik bisa memantulkan cahaya yang jatuh pada permukaannya. Hal inilah yang membuat mutiara jadi lebih bersinar.

Suara 

Bagaimana suara bisa menjadi pembeda antara mutiara asli dan imitasi? Cukup sederhana, yaitu saat Anda mengetuk atau mengguncang sejumlah mutiara, mutiara asli akan menghasilkan suara yang lembut. Sementara mutiara imitasi hasil buatan mesin, jika diguncangkan atau dibenturkan antara satu mutiara dengan mutiara lain, maka bunyi yang dihasilkan cenderung nyaring dan tipis. 

Mutiara merupakan sebuah permata yang berharga dan tergolong sebagai barang mewah. Salah satu jenis perhiasan ini dihasilkan secara alami oleh hewan kerang yang memiliki kemampuan khusus menghasilkan mutiara. Semakin banyaknya peminat mutiara membuat perhiasan ini semakin banyak dibuat tiruannya. Dengan Anda mengenal mutiara dan ciri-ciri mutiara yang asli, maka Anda bisa semakin cermat saat membeli sehingga terhindar dari tindak penipuan. 


Komentar