Menu
Mengenal Logam Mulia Berjenis Perak
Posted : 2020-08-19, By Admin SHG
Mengenal Logam Mulia Berjenis Perak

Sangat jelas jika perhiasan perak terbuat dari perak. Namun, perak juga termasuk dalam keluarga logam mulia seperti emas, paladium, dan platinum.

Sejak zaman dahulu, Bersama dengan emas, perak selalu dikaitkan dengan kemewahan dan kekayaan. Di beberapa kebudayaan, perak dan emas digunakan sebagai alat tukar perdagangan layaknya uang di masa kini. Selain digunakan sebagai mata uang, perak banyak digunakan sebagai perhiasan karena warnanya yang indah dan lembut sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai Perhiasan Perak.

Dengan berkembangnya teknologi, kegunaan perak pun bertambah. Tidak hanya terkenal sebagai perhiasan, perak juga banyak digunakan di bidang kesehatan dan teknologi karena perak merupakan konduktor listrik yang baik dan juga antibakteri.

Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jenis perak di luar sana? Fine Silver, Sterling Silver, Argentium Silver, dan Silver Plate adalah jenis perak yang umum digunakan. Untuk perhiasan perak saja, disarankan menggunakan Sterling silver. Mengapa? Mari kita simak narasi berikut ini.

Berikut adalah 4 Jenis Perhiasan Perak berdasarkan kadarnya

Fine Silver

Fine Silver adalah jenis perak yang paling dekat dengan emas murni. Komposisinya juga terdiri dari 99,9% perak dan 0,1% paduan logam lainnya yang tidak terlalu berpengaruh (diabaikan). Penampilan Fine Silver lebih keabu-abuan dan agak membosankan. 

Terlepas dari judul emas murni, Fine Silver sebenarnya memiliki tekstur yang terlalu lunak sehingga tidak cocok untuk perhiasan perak. Karena sifatnya yang lembut ini bila dijadikan perhiasan, perhiasan akan mudah rusak dan kehilangan bentuk seiring waktu. Perak ini lebih cocok sebagai anting atau liontin yang tidak terlalu banyak pengaruhnya.

Sterling Silver

Sterling Silver adalah perak yang terdiri dari 92,5% perak dan 7,5% logam lainnya (umumnya Nikel atau Tembaga). Perak adalah logam yang sangat lunak, sehingga perhiasan perak membutuhkan logam campuran.

Paduan logam inilah yang membuat perak lebih sulit. Tidak hanya untuk mengubah tekstur, paduan logam lainnya juga berguna untuk menciptakan warna perak yang mengkilap. Namun sayangnya, kilau pada perak cenderung memudar lebih cepat. Jenis perak adalah jenis standar perak yang digunakan.

Argentium Silver

Argentium Silver adalah versi modern dari Sterling Silver. 92,5?ri Argentium Silver adalah perak dan 7,5?alah kombinasi dari Tembaga dan Germanium. Sama seperti peran Nikel atau Tembaga dalam Sterling Silver, peran Germanium adalah membuat perak lebih keras, lebih tahan lama, dan tidak mudah pudar.

Lapisan Perak

Silver Plate adalah lapisan tipis yang menutupi permukaan logam (biasanya tembaga) yang jelas membuatnya menjadi jenis perak yang memiliki jumlah paling sedikit perak dan tidak berharga. Setelah beberapa waktu, lapisan perak ini akan berubah warna dan terkelupas.

Ada banyak lagi jenis perak dan yang membedakannya adalah kandungan perak dan campuran di dalamnya. Pilihan perak untuk perhiasan juga tergantung pada bentuk perhiasan yang diinginkan. Lalu mengapa perak digunakan sebagai perhiasan? Ada beberapa alasan. Berikut adalah beberapa keunggulan perak yang membuatnya menonjol dibandingkan saudara kandungnya, emas, paladium, atau platinum.

Lebih Murah

Harga perak jauh lebih murah dari logam mulia lainnya. Sebagai perbandingannya, harga emas murni per gram hari ini tercatat Rp 988.456 di sehatigold.com sedangkan harga perak murni per gram hari ini tercatat hanya mencapai Rp 13.000 saja. Dengan perbedaan yang besar tersebut, perak banyak digunakan sebagai alternatif perhiasan. 

Dapat dijual kembali 

Perhiasan perak dapat dijual kembali di beberapa toko perhiasan perak sesuai dengan perjanjiannya. Akan tetapi kerugiannya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan perhiasan emas. Perhiasan perak juga jauh lebih cepat berubah warna. Akan tetapi tidak perlu khawatir ketika memutuskan untuk membeli perhiasan perak karena warnanya cepat pudar. Ada banyak cara Anda dapat dengan mudah mengembalikan kilau perhiasan perak.

Mudah Dibentuk

Perak adalah logam lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan. Kota Gede di Yogyakarta terkenal sebagai tempat pengrajin perak. Di sana Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan perhiasan perak dan menyaksikan seberapa lunak logam berwarna putih ini. 


Komentar