Menu
Mengenal Investasi Reksa Dana
Posted : 2020-09-21, By Admin SHG
Mengenal Investasi Reksa Dana

Dulu masih banyak orang yang belum paham tentang perencanaan keuangan. Padahal hal ini sangat penting supaya masa depan lebih baik. di tengah pandemi corona ini, membuat banyak orang lebih sadar tentang perencanaan keuangan. Terutama mengenai kesediaan dana darurat dan investasi. Di kondisi ekonomi yang sulit, banyak orang yang mengalami PHK. Dengan melakukan perencanaan yang tepat, akan membuat perekonomian anda aman diberbagai kondisi. Investasi menjadi salah satu cara mendapatkan keuntungan paling mudah tanpa harus menjual barang. Salah satunya adalah investasi reksadana

Pengertian Investasi Reksadana

Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola suatu instansi digunakan untuk melakukan investasi. Seperti membeli obligasi, saham, atau instrumen keuangan lainnya. reksadana sangat mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan modal besar. bisa dilakukan secara mandiri atau perusahaan. Nantinya akan ada manager investasi yang akan membantu anda dalam melakukan investasi. 

Reksadana  diatur dalam undang-undang pasar modal nomor 8 tahun 1995. Selain itu aktivitas ini diawasi langsung oleh otoritas jasa keuangan. Sehingga aman untuk dilakukan dan anda tidak perlu khawatir penipuan. Asalkan anda memilih manager investasi yang tepat. supaya bisa mengatur keuangan anda dengan baik.

Cara Kerja Investasi Reksadana

Cara kerja investasi reksadana harus ada manager investasi. Investasi yang dikumpulkan akan dibagi menjadi beberapa instrumen investasi dan perusahaan. Biasanya melalui verifikasi investasi. Sehingga aktivitas anda lebih aman dari kerugian. Misalnya perusahaan yang satu merugi, anda masih memiliki investasi lain  yang sudah diatur oleh manager investasi. Reksadana sangat mudah dipelajari dan diakses. Sehingga anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Anda juga bisa menggali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang diinvestasikan oleh manager. Berikut ini langkah investasi reksadana yang bisa anda lakukan.

  • Anda hanya bisa melakukan transaksi pada hari bursa. Pastikan siapkan semua dokumen yang dibutuhkan
  • Transaksi akan langsung diproses berdasarkan nilai aktiva bersih
  • Selalu perhatikan batas waktu untuk penerimaan transaksi setiap hari
  • Anda akan mendapatkan surat konfirmasi transaksi pembelian reksadana

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Sebelum memulai investasi ini, anda harus tahu  jenis-jenis reksadana. Karena setiap jenisnya memiliki aturan yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis reksadana yang bisa anda pilih.

Investasi Reksadana pendapatan tetap

Yaitu reksadana yang uang investasinya dialokasikan untuk membeli obligasi minimal 80%. Memiliki return yang besar bahkan mencapai 10% per tahunnya

Investasi Reksadana pasar uang

Seluruh uang akan diinvestasikan pada sertifikat bank indonesia, deposit dan obligasi. Jangka waktunya sekitar satu tahun. Reksadana pasar uang relatif aman dibandingkan jenis lainnya. namun memiliki keuntungan yang sedikit.

Investasi Reksadana terproteksi

Jenis reksadana ini hampir sama dengan reksadana pendapatan tetap. Memiliki tingkat perlindungan hingga 100?ri nilai investasi jika mencairkan dana sesuai jangka waktu yang disepakati

Investasi Reksadana saham

Sesuai namanya, reksadana ini akan menempatkan uang anda ke investasi saham minimal 80%. Keuntungan yang diberikan  paling besar dibandingkan jenis lainnya. namun resikonya juga lebih tinggi dibandingkan jenis lain.

Investasi Reksadana campuran

Reksadana ini merupakan campuran dari berbagai instrumen. Seperti untuk investasi obligasi, saham atau deposito. Returnnya bisa tinggi juga bisa rendah. Risikonya pun tinggi karena digunakan untuk investasi saham.

Keuntungan Investasi Reksadana

Lalu apa keuntungan reksadana dibandingkan dengan investasi lainnya. Ini bisa menjadi pertimbangan anda.

  • Mudah dikelola
  • Modal rendah 
  • Mendapatkan keuntungan maksimal
  • Risiko investasi rendah
  • Bisa dilakukan secara online

Di tengah pandemi corona, investasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. selain melakukan investasi emas secara online. Apalagi cara investasi reksadana sangat mudah dilakukan

Resiko Investasi Reksadana

Hampir semua jenis investasi reksa dana memiliki resiko. Tergantung dari jenis reksa dana yang Anda pilih, resiko investasi reksa dana akan bervariasi. Sebagai contohnya, di tahun 2020 ini investasi dana reksa dana saham dan obligasi cenderung mengalami penurunan yang cukup besar dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak kondusif. 

Langkah strategis yang bisa diambil untuk mengurangi resiko penurunan aset dari investasi Reksadana adalah dengan mengalihkan dana Anda ke aset investasi lainnya seperti investasi emas. Harga emas hari ini tercatat Rp 913.000 per gram di sehatigold.com. Harga tersebut sudah memberikan keuntungan kurang lebih 30?ri awal tahun 2020. 


Komentar