Menu
Membahas Keuangan Sebelum Menikah, Apa Tipsnya Agar Tidak Ribut?
Posted : 2021-11-19, By Admin
Membahas Keuangan Sebelum Menikah, Apa Tipsnya Agar Tidak Ribut?

Masuk ke dalam jenjang pernikahan memang tak bisa dikatakan mudah. Sebab, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh kedua insan manusia yang ingin bersatu, mulai dari sifat, karakter, keluarga masing-masing, prinsip, hingga keuangan.

Baca Juga: Penggunaan Emas Dalam Pernikahan

Membahas keuangan sebelum menikah pun menjadi hal yang tak bisa disepelekan, agar kedepannya hubungan pernikahan dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Sakumas punya solusi untuk Anda untuk membahas keuangan sebelum menikah. Yuk, simak bersama ulasan berikut ini.

Bicara Soal Keuangan Sebelum Menikah

Merencankaan keuangan sebelum menikah merupakan hal yang sangat penting. Anda dan pasangan harus meluangkan waktu untuk mendiskusikan berbagai hal perihal pernikahan dan keuangan masa depan bersama. Jangan sampai ada kebohongan atau dusta dalam perencanaan keuangan sebelum menikah.

Tempat Tinggal dan Anak

Hal lain yang tak kalah penting untuk di bahas juga yaitu perihal tempat tinggal Anda dan pasangan nantinya setelah menikah, berapa anak yang ingin dimiliki, kapan akan mulai memiliki anak, dan lain sebagainya

Semua hal ini akan sangat berpengaruh dalam merencanakan keuangan sebelum menikah, sebab satu hal yang harus Anda dan pasangan ingat adalah bahwa anak merupakan kewajiban orang tua, termasuk juga kewajiban finanisal.

Baca Juga: Mencapai Kemapanan Finansial di Masa Depan

Perjanjian Pranikah

Anda dan pasangan perlu membicarakan perjanjian pranikah dalam merencanakan keuangan sebelum menikah. Dalam perjanjian ini, kurang lebih isi perjanjian mengenai aturan pisah harta antar pasangan. Akan sangat berpengaruh ketika nantinya jika pasangan tersebut berbicara mengenai pembagian harta gono-gini dalam perjanjian pranikah jika terjadi perceraian, utang-piutang, serta hak waris.

Besar Aset dan Utang

Hal yang harus dibicarakan saat merencanakan keuangan sebelum menikah adalah aset dan utang selain dari permasalahan cashflow, seperti apa saja yang sudah dimiliki, kendaraan, rumah, investasi atau lainnya.

Tak lupa juga Anda dan pasangan membahas berapa utang yang dimiliki, berapa besar bunganya, hingga kapan jatuh temponya. Utang Anda saat ini bisa menjadi tanggungan bersama sehingga pasangan Anda pun juga berhak tahu.

Tujuan Keuangan Untuk Masa Depan

Ada juga tujuan keuangan dan masa depan yang harus dibicarakan saat merencanakan keuangan sebelum menikah selain daripada hal-hal di atas, contohnya seperti rencana perjalanan ibadah, membeli rumah dan kendaraan, rencana liburan, rencana pensiun, dana pendidikan anak, dan rencana-rencana lainnya. 

Baca Juga: Jangan Sia-Siakan Masa Muda

Oleh sebab itu, untuk membantu meringankan diskusi Anda dan pasangan, Sakumas punya solusinya. Anda dan pasangan dapat merencanakan investasi bersama di Sakumas, tempat teraman dan terpercaya untuk membeli dan menjual produk berbahan dasar emas melalui media emas digital.

Jadi, beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan merencanakan keuangan sebelum menikah antara lain, tempat tinggal dan anak, perjanjian pranikah, besar aset dan uang, tujuan keuangan untuk masa depan, hingga kiat berinvestasi emas untuk masa depan. Selamat berdiskusi dengan pasangan, dan semoga lancar.

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/1fzyz-bmKBw

Komentar