Menu
Mau Mulai Investasi Emas, Baca Ini Dulu!!
Posted : 2020-08-26, By Admin SHG
Mau Mulai Investasi Emas, Baca Ini Dulu!!

Bukan rahasia lagi bahwa emas adalah salah satu logam mulia yang berharga. Di bagian mana pun di dunia, emas dapat diterima. Emas sudah menjadi sarana investasi sejak ribuan tahun yang lalu. Itulah sebabnya hingga hari ini, emas masih merupakan instrumen investasi yang menjanjikan. Dalam 1 tahun terakhir, harga emas naik 2 kali lipat. 

Menurut informasi terbaru ini, Anda dapat membeli emas  batangan atau perhiasan emas. Dapat juga melakukan investasi emas melalui aplikasi emas digital seperti sehatigold.com. Sebelum Anda mulai berinvestasi dalam emas, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat memaksimalkan laba atas investasi Anda. Lihatlah deskripsi dalam 5 poin berikut!

Selalu Perbarui Harga Emas Terbaru

Investor emas, terutama yang berinvestasi dalam jangka pendek, biasanya mengambil keuntungan dari pergerakan harga emas untuk mendapat untung. Mereka membeli ketika harga turun dan menjual ketika mereka naik. Untuk mengetahui kapan harga emas naik atau turun, Anda harus selalu memperbarui informasi terbaru mengenai harga emas. Ketahui juga faktor-faktor yang dapat memicu naik atau turunnya harga emas. Ini akan membantu Anda memprediksi kapan waktu penjualan terbaik dan waktu pembelian.

Pilih Produk Investasi Emas dengan Hati-hati

Untuk menghemat emas, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih. Anda dapat membeli batangan emas, Anda dapat membeli perhiasan dan Anda juga dapat membuka tabungan emas. Ketiga metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Harga emas batangan cenderung menjadi harga yang lebih stabil, tetapi Anda tidak bisa menjadikannya sebagai perhiasan. Sebaliknya, perhiasan dapat digunakan setiap hari tetapi harga jual pengembalian cenderung turun. Tabungan emas praktis dan mudah, tetapi Anda harus mendaftar dan karena sifatnya yang digital, Anda tidak bisa memiliki secara fisik sebelum menukarkannya ke dalam bentuk fisik. 

Beli Emas Bersertifikat

Emas memang berlaku untuk dijual di mana-mana, tetapi jika Anda tidak memiliki sertifikat, mungkin akan sulit untuk menjualnya lagi. Beli emas dari lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat. Di Indonesia, PT Antam menerbitkan sertifikat standar internasional untuk semua produknya. Hal yang sama berlaku untuk produk perhiasan emas. Beli emas dengan huruf sehingga Anda dapat dengan mudah menjualnya nanti. Jika Anda berpikiran untuk menjual dalam waktu dekat, emas digital dapat menjadi pilihan yang tepat karena selisih nilai jual beli nya yang rendah. 

Lihat Kondisi Fisik Emas

Selain sertifikat, cara melihat keaslian emas dapat dilakukan dengan memeriksa fisik. Emas palsu yang digosok biasanya akan berubah warna. Jika disimpan atau digunakan untuk waktu yang lama, emas palsu juga akan berubah warna. Pada emas fisik, terutama batangan emas juga biasanya memiliki cap untuk menentukan tingkat emas atau karat.

Pilih Institusi Tepercaya

Selain menyimpan emas dalam bentuk fisik, membuat tabungan emas juga bisa menjadi pilihan dalam berinvestasi. Tidak seperti membeli batangan emas atau fisik, tabungan emas mirip dengan tabungan konvensional. Bedanya, yang Anda simpan adalah gramasi emas.

Sebagai penyedia jasa tabungan emas, Sehatigold.com sudah mengantongi izin dari Kominfo untuk melalukan jual belie mas dalam bentuk digital. Sehatigold.com juga menjamin semua tabungan emas Anda dengan emas fisik. Karenanya, tidak perlu khawatir. Anda bisa memulai menabung emas mulai dari nominal yang sangat terjangkau, mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 10.000 saja. 


Komentar