Menu
Jangan Sampai Ketinggalan, Cari Tahu Peluang Investasi di Tahun 2022!
Posted : 2022-01-13, By Admin
Jangan Sampai Ketinggalan, Cari Tahu Peluang Investasi di Tahun 2022!

Tahun baru 2022, tentunya ada saja peluang baru banyak peluang baru untuk kita, salah satunya peluang investasi. Analis sekaligus pendiri Emtrade, Ellen May berpendapat pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19 akan lebih intens tahun ini. 

Menurutnya, tahun 2022 adalah tahun normalisasi kebijakan fiskal dan moneter seiring dengan pulihnya ekonomi dari pandemik COVID-19. Lalu, apa saja instrumen investasi yang bisa jadi pilihan di 2022?

1. Saham

Instrumen yang bisa menjadi pilihan berinvestasi di tahun ini adalah saham. Saham punya peluang bagus di 2022 karena akan adanya perbaikan ekonomi yang lebih masif.

Peluang di instrumen investasi saham pada tahun 2022. Saham akan diuntungkan dengan adanya perbaikan ekonomi dan juga perbaikan di earnings recovery yang akan menjadi katalis utama dari IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada tahun depan.

2. Obligasi

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) mulai mengurangi stimulus moneter demi memulihkan perekonomian negaranya. Analis Central Capital Futures.

Saat ini, The Fed baru melakukan pengurangan injeksi likuiditas atau tapering off, alias belum menaikkan suku bunga acuan. Meski begitu, kebijakan The Fed akan memberikan sentimen negatif pada obligasi.

Jadi kemungkinan likuiditas akan lari ke dolar AS, dan memicu sentimen negatif ke obligasi sementara. Dana akan ditarik, padahal dana itu sumber pembelian obligasi.

Namun, obligasi Indonesia masih cukup aman untuk dijadikan pilihan investasi di 2022. Sebab, perekonomian Indonesia terbukti bisa bertahan di tengah pandemik, terutama ditopang oleh ekspor komoditas di tahun ini yang mencetak hasil fantastis.

Jika bicara obligasi Indonesia saya pikir cukup aman, karena fundamental kita cukup baik. Komoditas jadi penopang ekonomi kita. Bahkan, terkait pandemik kita sudah bisa dibilang survive dan makin terbuka.

Obligasi Indonesia, khususnya Surat Berharga Negara (SBN) bisa menjadi pilihan investasi yang menjanjikan di 2022. Apalagi, Bank Indonesia (BI) telah menyatakan akan tetap mempertahankan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) rendah di tahun depan. Saat ini, BI7DRR berada di level 3,5 persen.

Terlebih lagi, jika dibandingkan deposito. SBN mencetak imbal hasil yang lebih tinggi. Sementara itu, deposito dinilai masih 'loyo' karena suku bunga acuan masih rendah.

3. Reksa Dana

Reksa dana juga berpeluang bagus di 2022, terutama reksa dana pasar saham dan campuran. Sebab, investasinya juga akan dialokasikan ke pasar saham, yang diprediksi berpeluang cerah tahun depan.

Dengan melihat penanganan COVID-19 di Indonesia makin terkendali, industri-industri mulai bangkit kembali, pasar saham akan makin bagus. Ketika pasar saham makin bagus, yang akan mengerek juga reksa dana khususnya reksa dana pasar saham dan berbasis campuran, performanya akan lebih baik di 2022.

Instrumen Investasi yang Dinilai Kurang Menarik Tahun 2022

Deposito masih kurang menarik dijadikan pilihan investasi di 2022. Sebab, suku bunga acuan BI masih akan rendah.

Likuiditas di sistem perbankan masih sangat banyak, sehingga kenaikan suku bunga belum tentu akan berdampak langsung terhadap kenaikan bunga deposito.

Itulah beberapa peluang investasi tahun 2022 yang telah Sakumas rangkum untuk #SobatSakumas. Jika ingin mengetahui berita terbaru seputar saham, investasi, keuangan, bahkan emas, #SobatSakumas dapat mengikuti terus situs Sakumas setiap harinya!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/mcSDtbWXUZU

Komentar