Menu
Investasi Emas di Pegadaian; Tips, Seluk-beluk, Hingga Keuntungannya
Posted : 2021-11-17, By Admin
Investasi Emas di Pegadaian; Tips, Seluk-beluk, Hingga Keuntungannya

Meski keadaan ekonomi tengah melemah, namun investasi untuk masa depan harus terus berjalan, bukan? Karena itu, emas menjadi salah satu produk investasi yang dianggap aman, dan dianggap sebagai instrumen investasi yang biasanya tidak terpengaruh inflasi. Terlebih lagi, emas memiliki sifat nilai atau harga yang cenderung stabil dan jarang mengalami penurunan drastis. 

Untuk Anda yang baru mau memulai berinvestasi emas, investasi emas di pegadaian menjadi salah satu solusi mudah bagi Anda. Apalagi, menabung emas dewasa kini jadi salah satu pilihan investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, sebuah pilihan tepat jika Anda memilih investasi emas di pegadaian.

Baca Juga: Pahami Tentang 3 Fakta Emas ini Sebelum Jual Beli Emas

Produk Investasi Emas di Pegadaian

Mulia

Mulia adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara angsuran, tunai, kolektif atau secara arisan dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram pada layanan ini.

Untuk pembelian emas secara angsuran dapat dilakukan dengan penyetoran uang muka mulai dari 10 persen sampai 90 persen dari nilai logam mulia, dengan jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai 36 bulan. Sedangkan, nasabah yang datang ke outlet pegadaian untuk pembelian secara tunai dapat langsung membayar nilai logam mulia yang akan dibeli. 

Mulia Arisan atau Kolektif

Pembayaran dalam bentuk angsuran yang melayani investor antar kelompok atau beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang khusus untuk kedua produk ini. Pilihan investasi emas pada kedua produk ini sama seperti Mulia yang dimulai dari berat 1 gram hingga 1 kilogram.

Syarat untuk mulia arisan, Anda wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing anggota, di mana nantinya pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10 persen. Penetapan harga dilakukan di awal arisan dan memiliki pilihan waktu pembiayaan yang fleksibel hingga 36 bulan. Sementara pembayaran angsuran juga dapat dilakukan secara online melalui ATM, atau di outlet pegadaian.

Untuk transaksi Mulia Kolektif, layanan emas batangan secara angsuran terbuka untuk komunitas dengan proses yang mudah dan cepat. Tiap anggota wajib menyerahkan bukti KTP atau kartu identitas lainnya yang berlaku.

Tabungan Emas

Tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Anda sudah bisa menabung emas batangan dengan uang Rp.6.000 yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan.

Para nasabah baru bisa mencairkan saldo tabungan emasnya saat saldo emas setara dengan berat 1 gram. Syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini terbilang ringan, cukup dengan menyerahkan FC kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Konsinyasi Emas

Konsinyasi Emas adalah layanan titip-jual emas batangan sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Emas yang dimiliki lebih produktif karena keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada nasabah.

Skema investasi pada Konsinyasi Emas sedikit berbeda dengan skema investasi lainnya karena skema yang diambil merupakan titip-jual. Contohnya, jika Anda menitipkan emas di pegadaian lewat layanan konsinyasi emas, maka emas milik Anda akan dijual kembali oleh pihak Pegadaian untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lain.

Bila dari penjualan tersebut ada keuntungan yang didapat, maka keuntungan tersebut akan diperuntukkan bagi Anda. Lalu, emas Anda akan diganti oleh pihak pegadaian dengan kadar dan berat yang sama sehingga emas Anda tetap utuh seperti sedia kala.

Cara Investsi Emas di Pegadaian

Bagi mereka yang tertarik, bisa mendatangi outlet pegadaian terdekat, dan bisa pula dilakukan secara online, yaitu melalui aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di App store atau Playstore.

Syarat yang diperlukan untuk membuka tabungan emas di pegadaian yaitu melampirkan identitas (KTP atau paspor), mengisi formulir, dan biaya rekening tabungan emas. Selain itu, beberapa hal yang perlu diketahui perihal tabungan emas di pegadaian adalah, berapa pun nilai rupiah yang disetorkan, langsung dapat dikonversikan ke saldo emas tanpa harus menunggu 1 gram, mulai dari 0.01 gram (estimasi sekitar Rp 10.000).

Terjamin pula karatase 24k Biaya pengelolaan rekening dan biaya administrasi ringan, serta biaya pengelolaan rekening per tahun Rp 30.000 dibayar di awal yang tersedia di seluruh outlet pegadaian.

Baca Juga: Keunggulan Investasi Jual Beli Emas Digital

Kelebihan Tabungan Emas di Pegadaian

Pembelian Emas Dengan Harga Terjangkau

Dengan modal atau uang pas-pasan, Anda sebagai investor pemula bisa tetap menyisihkan sebagian dana cadangan untuk berinvestasi di emas.

Anda bisa memulai menabung emas mulai dari Rp5.000, di mana setiap Anda setor tunai maka langsung terkonversi ke dalam bentuk gram di dalam buku rekening dan setelah mencapai minimal 1 gram emas, tabungan emas Anda bisa dicairkan.

Bisa Memilih Emas Bersertifikasi

Membedakan emas asli atau tidak akan sulit bagi orang awam. Terlebih lagi lagi, memastikan berapa gram emas tersebut juga bisa dikatakn tidak mudahh. Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda membeli emas yang sudah bersertifikat layaknya produk antam atau pegadaian.

Mudah dan Cepat Dicairkan

Tabungan emas bersifat likuid berarti mudah dicairkan dan digunakan ketika Anda membutuhkan dengan skala kemudahan pencairan emas bahkan lebih tinggi daripada jenis investasi lain seperti tanah atau properti.

Saat Anda sudah mendapatkan emas secara fisik, dalam arti tabungan Anda sudah mencukupi dan emas menjadi milik sendiri, maka Anda dapat kembali menjual atau menggadaikan emas tersebut.

Lebih Aman

Untuk berinvestasi emas batang, Anda perlu menyimpannya di tempat aman seperti safety deposit box di bank.

Anda tidak perlu pusing soal keamanan dalam menyimpan sendiri emas Anda bila menggunakan tabungan Emas dari Pegadaian, karena emas Anda akan disimpan dengan aman oleh Pegadaian.

Baca Juga: Apa Itu Emas Putih – Mengenal Perhiasan Emas Lebih Jauh

Itulah ulasan lengkap mengenai investasi emas di pegadaian yang bikin untung, tergantung kondisi dan pemahaman Anda. selain investasi di pegadaian, Anda juga dapat berinvestasi emas di Sakumas, platfrom untuk membeli dan menjual produk berbahan dasar emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia melalui emas digital.

Anda tak perlu khawatir, karena kemanan penyimpanan emas fisiknya terjamin di brankas depository dengan pencatatan yang dilakukan secara digital, serta seluruh transaksi emas digital pada platform diatur dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

So, tunggu apa lagi? Kunjungi Sakumas untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan temukan manfaat jangka panjangnya untuk masa depan Anda.


Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/golden-abacus-with-chinese-rmb-gold-coins-as-background_1167935.htm#page=1&query=gold for investing&position=7&from_view=search


Komentar