Menu
Harga Emas Hari ini Turun – Rupiah Perkasa
Posted : 2020-05-09, By Admin SHG
Harga Emas Hari ini Turun – Rupiah Perkasa

Harga emas hari ini kembali turun. Emas ditutup di harga Rp 820.711 (Sumber: sehatigold.com). Hal ini dikarenakan oleh menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika. Rupiah menjadi mata uang terkuat di Asia dengan nilai tukar yang bertahan di bawah Rp 15.000 / USD.

Pasar emas global sendiri cenderung stabil dengan pergerakan menyamping dan belum menunjukkan tren naik ataupun turun. Di pasaran Indonesia, penurunan harga emas ini juga mendorong kegiatan jual beli emas di pasar retail. Untuk harga emas Antam hari ini, tercatat Rp 911.000 / gram.

Dalam waktu belakangan ini, negara-negara Barat yang meliputi Uni Eropa dan Amerika Serikat memang cenderung menunjukkan pelemahan yang sangat luar biasa. Masyarakat Uni Eropa memprediksikan resesi ekonomi terburuk dengan penurunan ekonomi yang mencapai -7,4%.

Amerika Serikat juga tidak tertinggal dari berita-berita negatif yang ditunjukkan dari data-data ekonominya. Data yang pertama datang dari angka pengangguran mingguan yang mecapai 3,2 juta. Angka ini berada di atas rata-rata. Data berikutnya adalah jumlah lapangan pekerjaan yang hilang sebesar 22 juta di bulan April 2020. Angka tersebut melebihi krisis keuangan di tahun 2008 silam.

Komentar