Menu
Harga Emas Hari ini Stabil – Waspadai Ketegangan Perang Dagang
Posted : 2020-05-11, By Admin SHG
Harga Emas Hari ini Stabil – Waspadai Ketegangan Perang Dagang

Harga emas hari ini belum berubah banyak dibandingkan penutupan minggu lalu. Harga beli emas tercatat berkisar di Rp 843.000 (sumber: sehatigold.com). Di samping itu, diamati harga emas Antam hari ini berkisar di Rp 911.000 (sumber: logammulia.com).

Harga emas sebelumnya telah mengalami pelemahan karena menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan oleh jeleknya data ekonomi Amerika Serikat dan penurunan suku bunga Amerika Serikat ke titik terendah semenjak krisis ekonomi di tahun 2008. Penurunan suku bunga tersebut memicu aktivitas penjualan Dollar Amerika dan kemudian mendorong harga Rupiah.

Akan tetapi, analis masih menyampaikan kemungkinan terjadinya kenaikan harga emas mengingat ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Beberapa saat lalu, Presiden Donald Trump mengancam akan membatalkan perjanjian fase pertama dengan Tiongkok. Hal tersebut berpotensi meningkatkan ketegangan antara kedua negara raksasa tersebut.

Tidak lama setelahnya, Amerika Serikat kembali mengejutkan dunia dengan mengancam untuk tidak akan membayar utang negaranya terhadap Tiongkok. Surat utang tersebut bernilai kurang lebih 1 Triliun Dollar Amerika Serikat.

Bila Amerika Serikat mengambil keputusan tersebut, besar kemungkinan Tiongkok akan membalasnya dengan perang mata uang.

Di dalam negeri sendiri, aktivitas jual beli emas mulai menghangat seiring dengan mendekatnya Hari Raya Idul Fitri. 

Komentar