Menu
Harga Emas Hari Ini Menggeliat – Amerika Serikat dan Tiongkok Bermain Catur
Posted : 2020-05-16, By Admin SHG
Harga Emas Hari Ini  Menggeliat – Amerika Serikat dan Tiongkok Bermain Catur

Harga emas hari ini dipantau Rp 858.543 (sumber: sehatigold.com). Harga tersebut sekaligus menutup pergerakan emas minggu ini dan aksi jual beli emas di pasar emas.

Harga emas bergerak naik sebesar 4,6% dibandingkan penutupan minggu lalu. Hal ini terjadi setelah harga emas mengalami penurunan dikarenakan harapan atas berakhirnya pandemi virus COVID-19 dan menguatnya nilai tukar uang Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

Akan tetapi di akhir minggu, sentiment pasar mulai berubah seiring dengan timbulnya kekhawatiran akan timbulnya gelombang pandemi kedua di beberapa kota besar di dunia dan aksi pengambilan untung di pasar saham dunia yang kembali mendorong harga emas dunia naik. Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat sendiri terpantau stabil.

Dunia juga menyorot aksi Presiden Donald Trump yang melakukan serangan-serangan diplomatik terhadap Negeri Tirai Bambu. Donald Trump berulang kali memberikan ancaman-ancaman kepada Tiongkok untuk memaksa Tiongkok membeli barang-barang buatan Amerika Serikat. Amerika Serikat juga melakukan tuntutan finansial yang menuduh negeri Tiongkok sebagai sumber dari virus COVID-19. Hal tersebut kemudian disangkal oleh beberapa pihak termasuk badan Kesehatan dunia, WHO.

Tindakan dari Amerika Serikat tersebut rupanya cukup mengkhawatirkan pelaku pasar dunia yang ditunjukkan dengan aksi pemborongan emas yang mendorong harga emas dunia kembali menembus $1700/oz. Negeri Tiongkok sendiri belum memberikan respons atas Tindakan-tindakan provokatif dari Negeri Paman Sam tersebut.

 

 

 

Komentar