Menu
Cetak Uang 600 Triliun dan Pengaruhnya ke Harga Emas
Posted : 2020-04-30, By Admin SHG
Cetak Uang 600 Triliun dan Pengaruhnya ke Harga Emas

Tepat seminggu yang lalu, kami membahas skenario yang akan membawa harga emas menuju Rp 1,4 juta / gram. Salah satu faktor yang dimaksud adalah kebijakan-kebijakan stimulus pemerintah untuk melawan pandemik COVID-19.

Prediksi kami cukup akurat dengan keluarnya rekomendasi dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk menerbitkan uang hingga Rp 600 Triliun. Rekomendasi itu disampaikan oleh Ketua Banggar DPR RI  MH Said Abdullah menilai besarnya kebutuhan pemerintah untuk menangani pandemi virus COVID-19.

Banggar mengharapkan suntikan dana Rp 600 Triliun ke dalam ekonomi negara akan membantu pemerintah dalam mengurangi dampak ekonomi dari pandemi. Akan tetapi menekankan pentingnya menjaga tingkat inflasi dan dampaknya terhadap nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika.

Pengaruhnya Terhadap Harga Emas

Kembali ke fakta mendasar pembentukan harga emas, harga emas ditentukan oleh faktor dalam negeri (nilai kurs Rupiah) dan faktor luar negeri (nilai emas di pasar komoditas dunia). Pencetakan uang sebesar RP 600 Triliun sudah pasti akan berpotensi memberikan tekanan terhadap nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika.

Jika rekomendasi tersebut diambil oleh Pemerintah maka Pemerintah harus berusaha untuk menjaga nilai tukar mata uang Rupiah kita terhadap Dollar Amerika. 

Komentar