Menu
Butuh Uang Lebih? Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi
Posted : 2021-11-23, By Admin
Butuh Uang Lebih? Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi

Jumlah pemasukan perbulan menjadi hal yang sangat diperlukan dalam menghidupi setiap individu untuk membeli makan, kebutuhan bulanan, dan keperluan lainnya yang dibutuhkan. Namun terkadang, jumlah pemasukan yang didapatkan dari bekerja, orang tua, atau pasangan  ternyata belum mencukupi, atau masih ada yang harus ditambah.

Seiring berkembangnya zaman, kini Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja, terlebih lagi era pandemi seperti ini memang mengharuskan kita beraktivias dari rumah. Oleh karena itu, kegiatan ini bisa dilakukan sesuai dengan hobi atau minat yang Anda miliki sehingga sangat menyenangkan. 

Baca Juga: Mau Investasi Reksadana yang Cuan? Simak Cara Kerja dan Simulasi Keuntungannya!

Ada begitu banyak platform media sosial dan berbagai yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bakat atau jasa yang akan Anda tawarkan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak cara berikut ini!

Cari Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Semua hal yang disukai ini tentunya bisa menjadi ladang penghasilan tambahan sehari-hari, seperti meluangkan waktu untuk jualan online hingga menjadi content creator. Berikut ini cara mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat Anda ikuti.

1. Jualan Online

Karena kepraktisan dan kemudahannya saat membeli barang, kini pembelian barang secara online di e-commerce telah berkembang dan menjamur di tengah masyarakat Indonesia. Masyarakat hanya perlu klik barang yang kita inginkan, membayarnya, dan menunggunya hingga tiba rumah.

Jika Anda salah seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan berjualan online di berbagai platform, atau yang biasa disebut dengan menjadi seller. Anda dapat menjual makanan, barang, hingga produk non-fisik di dalam platform tersebut untuk menambah penghasilan. 

Selain menjadi seller, Anda juga bisa menjadi dropshipper, yaitu orang yang menjual barang dari supplier namun tidak perlu menyetok barangnya. Jadi, Anda hanya perlu menyediakan gambar untuk dijual, lalu selanjutkan akan diproses oleh supplier yang ada.

2. Berinvestasi

Investasi bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan jangka yang panjang. Investasi adalah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu yang akan menimbulkan peningkatan atau keuntungan nilai investasi. 

Saat ini, ada banyak cara untuk berinvestasi demi keuntungan di masa depan, yakni investasi emas, saham, crypto, atau bahkan melakukan trading. Namun, perlu diingat, berinvestasi itu memerlukan analisa atau ilmu terlebih dahulu yang perlu Anda pahami agar investasi menjadi untung dan tidak buntung.

Anda juga dapat berinvestasi emas di Sakumas, platform jual-beli produk berbahan dasar emas. Dengan membeli emas di waktu yang tepat, Anda dapat dikatakan berinvestasi jangka panjang, karena Anda dapat menjualnya suatu saat nanti ketika harga emas telah naik.

Baca Juga: Beli Emas Nyicil? Inilah 4 Keuntungannya

3. Menjadi Content Creator

Content creator adalah orang yang membuat konten dalam sebuah platform, seperti YouTube, Instagram, Facebook, atau TikTok. Mereka memiliki target audiens tertentu sesuai dengan kemampuan atau bakat yang mereka miliki, bisa dalam konten menghibur, keterampilan, atau bahkan konten edukasi.

Berkat keterampilan yang ditunjukkan dalam content, maka akan semakin banyak pula pengikut di media yang akan berkontribusi memberikan penghasilan tambahan, di mana penghasilan tersebut didapatkan dari endorse atau adsense. Sebagai content creator, Anda perlu memiliki ciri khas yang unik agar mudah dikenal banyak orang.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi content creator, 

Membuat Blog

Jika Anda senang menulis dan membagikan moment keseharian dalam bentuk tulisan, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari membuat blog. Ada banyak hal yang bisa Anda tulis, mulai dari teknologi, beauty, traveling, kuliner, dan juga keuangan.

Anda bisa memasang iklan di blog atau mempromosikan suatu produk dengan tulisan yang menarik agar mendapatkan penghasilan tambahan ketika pembaca blog sudah cukup banyak. Menarik, bukan?

Menjadi Beauty Vlogger

Untuk Anda yang senang dengan make up, skincare, atau hal lain yang berhubungan dengan kecantikan, Anda dapat mencoba mencari penghasilan tambahan dengan menjadi beauty vlogger.

Beauty Vlogger adalah orang yang senang untuk membuat content kecantikan dan mengunggahnya ke media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, atau platform lainnya. Penghasilan tambahan akan didapatkan dari adsense YouTube, endorsement, atau promosi lainnya.

4. Menjadi Host Live Streaming

Karena dengan mudah bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman atau pengikut di media sosial, Live Streaming akhir-akhir ini lantas menjadi hal yang sering dilakukan oleh para penggiat media sosial.

Namun, tahukah Anda? Kini, menjadi host live streaming bisa membuat Anda dapat penghasilan tambahan. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan, seperti Likee Live, Nimo TV, TikTok Live, Instagram Live, Facebook Live, YouTube, hingga e-commerce.

Anda dapat melakukan live di rumah dengan ponsel pribadi dengan cara mengajak bicara penonton live tersebut, atau mengajukan tantangan agar penonton semakin banyak. Para penonton yang menyaksikan live tersebut tentunya akan memberikan hadiah, biasanya berupa diamond yang bisa ditukarkan dengan uang rupiah.

Baca Juga: Metaverse: Investasi Jangka Panjang, Dari Film Sci-Fi Menjadi Realitas

Itulah beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi seperti ini. Anda pun bisa memilih kegiatan yang Anda suka dan sesuai bakat yang Anda miliki, ya. Semangat mencoba, #SobatSakumas!

Ilustrasi : freepik.com


Komentar