Menu
Belajar Investastasi Tanah dan Emas di Sini
Posted : 2020-10-16, By Admin SHG
Belajar Investastasi Tanah dan Emas di Sini

Saat ini banyak sekali cara kita untuk berinvestasi baik itu investasi properti, investasi saham maupun investasi emas. berbagai kemudahan banyak ditawarkan untuk kita berinvestasi demi masa depan. Semua jenis investasi yang ditawarkan itu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kira-kira investasi mana yang cocok untuk kita?

Saat kita dihadapkan dengan keadaan di mana kita harus memilih investasi apa yang cocok buat kita dan bisa kita jadikan investasi di masa depan maka pertama hal yang kita pertimbangkan pastilah keuntungan yang akan kita peroleh dari investasi yang akan kita pilih selain juga mempertimbangkan uang atau modal yang kita punya yang akan kita gunakan untuk berinvestasi.

Investasi tanah merupakan salah satu investasi yang banyak dipilih oleh orang tua kita / orang jaman dulu karena mereka beranggapan bahwa kalau memiliki banyak tanah kosong di berbagai tempat maka dapat menghasilkan keuntungan besar bagi mereka. Tetapi pada saat sekarang ini, investasi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat adalah investasi emas.

Mengapa  demikian?

Hal ini disebabkan oleh harga emas lebih stabil dan tidak semahal harga tanah dan harga emas cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Harga emas hari ini tercatat Rp 936.401. Di tahun 2020 ini, investasi emas adalah investasi yang paling menguntungkan. Harga emas telah naik lebih dari 50% dibandingkan dengan tahun lalu. 

Sebelum kita memilih investasi mana yang kira-kira cocok untuk kita berinvestasi, bacalah sedikit penjelasan di bawah ini. Kelebihan investasi berupa tanah adalah:

1. Harga tanah selalu naik seiring dengan meningkatnya kebutuhan orang akan tanah tetapi tidak dibarengi dengan jumlah tanah yang ada saat ini.

2. Investasi tanah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan.

3. Harga tanah tidak akan turun seperti harga kendaraan mobil atau motor.

4. Tanah dapat dijadikan jaminan di perbankan jika kita memerlukan dana mendadak.

Keempat hal di atas adalah kelebihan yang kita dapat jika kita berinvestasi dengan tanah. Investasi tanah itu juga ada kekurangannya yaitu kita harus menyediakan banyak uang untuk membeli sebidang tanah, kemudian jika kita membutuhkan uang dalam keadaan mendesak maka tanah tidak akan cepat terjual / membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan pembeli yang tepat dan kalaupun kita menemukan pembeli yang siap membeli tanah kita , kita pun akan mengeluarkan biaya administrasi yang tidak sedikit untuk menjual tanah tersebut.

Sekarang kita bandingkan dengan investasi emas. Investasi emas mempunyai banyak keuntungan antara lain:

1. Harga emas tidak  akan turun cenderung stabil dibandingkan uang yang kamu simpan di bank.

2. Investasi emas lebih mudah dibandingkan investasi jenis lainnya.

3. Jika kita membutuhkan dana yang mendesak sewaktu-waktu maka investasi emas dapat  menjual emas yang kamu miliki dengan cepat

4. Emas bisa digadaikan saat kita butuh dana mendadak.

5. Nilai tukar emas sama di seluruh dunia di manapun kita berada.

Walaupun begitu investasi emas  juga memiliki kekurangan yaitu kita tidak memiliki kendali untuk menentukan harga emas, investasi emas dapat kita rasakan dalam jangka panjang dan emas karena harganya yang tinggi membuat barang yang satu ini rentan dicuri oleh orang lain maka kita harus menyimpannya di tempat yang aman.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah maupun investasi emas. semua jenis investasi sebenarnya menguntungkan tetapi semuanya itu kembali ke kita sendiri mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita merasa bahwa modal atau uang kita yang kita gunakan untuk berinvestasi terbatas jumlahnya dan merasa  sewaktu-waktu kita bisa membutuhkan dana segar maka berinvestasi emas lah yang menjadi pilihan yang terbaik.     

Komentar