Menu
Baper Lihat Harga Emas Naik Turun? Baca Dulu Artikel Ini
Posted : 2020-06-23, By Admin SHG
Baper Lihat Harga Emas Naik Turun? Baca Dulu Artikel Ini

Jangan Tunda Berinvestasi karena Harga Emas Hari Ini Mengalami Penurunan

Tidak pernah ada waktu yang paling tepat kecuali saat ini untuk segera membeli emas. Ini karena harga emas per hari ini dan dua hari kebelakang terus mengalami penurunan. Namun meskipun harganya turun, bukan berarti Anda harus sesegera mungkin menjual investasi Anda, ini karena harga emas bisa saja kembali menguat.

Ada beberapa faktor yang membuat harga jual beli emas menurun, dan berikut ini adalah alasan-alasannya;

Kurs dan Suku Bunga

Perubahan harga emas hari ini dan hari-hari berikutnya selalu sangat dipengaruhi oleh perubahan kurs dan suku bunga yang bisa berubah setiap harinya. Dan yang berperan besar pada naik turunnya emas memang bergantung pada kurs mata uang dollar Amerika Serikat. Di mana bila kurs dollar meningkat dan rupiah melemah, ini akan menyebabkan harga emas ikut menguat.

Ketika suku bunga naik, biasanya akan ada banyak orang yang akan menarik uangnya. Kemudian menyimpan uang dalam bentuk deposito karena bunganya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan emas

Supply dan Demand

Alasan lain yang kemudian mempengaruhi harga jual beli emas di pasaran adalah faktor supply dan demand atau permintaan serta penawaran emas itu sendiri. Di mana ketika ditemui emas sedang banyak diminati maka harga jualpun akan ikut meningkat. Begitu juga sebaliknya, harga jual emas akan turun bila peminatnya berkurang.

Inflasi

Selanjutnya yang akan mempengaruhi harga emas hari ini adalah laju inflasi yang tidak terkendali dan di mana akan didapati harga barang-barang juga ikut meningkat. Sama halnya dengan emas yang juga akan ikut meningkat. Masih ada faktor lainnya yang akan mempengaruhi harga emas, seperti harga minyak mentah dunia, kondisi perekonomian dunia hingga kondisi politik.

Itulah beberapa alasan yang memberikan pengaruh pada harga jual beli emas. Namun meskipun begitu harga emas cenderung naik turun, harga logam mulia ini masih terbilang stabil. Sehingga peminat emas masih tetap tinggi dan terus mengalami peningkatan juga dari tahun ke tahunnya. Penyebabnya karena emas sangat tepat dijadikan investasi untuk jangka panjang.


Komentar