Menu
Banyak Keuntungannya, Masa Depan Keuangan Makin Bersinar dengan Investasi Emas Batangan!
Posted : 2022-01-11, By Admin
Banyak Keuntungannya, Masa Depan Keuangan Makin Bersinar dengan Investasi Emas Batangan!

Emas hingga kini masih menjadi salah satu cara investasi yang diminati berbagai kalangan, mulai dari orang tua hingga milenial. Alasan kenapa emas masih jadi investasi favorit adalah karena dianggap lebih mudah dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti saham atau reksadana.

Baca Juga: Menyambut Tahun Baru 2022, Ini Strategi Pemasaran Perencanaan Usaha Coffee Shop!

Emas memang diakui sebagai investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa #SobatSakumas dapat dengan berinvestasi emas batangan.

1.Mudah untuk dicairkan

Saat kamu memerlukan uang untuk kebutuhan mendadak, emas batangan bisa jadi penyelamat karena dapat dengan mudah dicairkan atau dijadikan uang lagi. Cukup dijual ke Pegadaian.

Bayangkan kalau Anda harus investasi reksadana atau bahkan properti, uang cash yang Anda butuhkan dalam waktu dekat tidak bisa didapat dengan mudah karena mencairkan reksadana umumnya memiliki waktu tunggu selama 5 hingga 7 hari. Sementara, menjual properti membutuhkan proses yang lebih lama, bisa bulanan bahkan tahunan.

2. Cocok untuk investasi jangka panjang

Punya emas itu jauh lebih menguntungkan dibanding berinvestasi dalam bentuk barang yang nilai ekonomisnya cenderung semakin menurun, mobil misalnya. Saat ini, banyak orang yang berinvestasi dengan membuka rental mobil untuk dijadikan transportasi online.

Sistem bagi hasilnya memang cukup menggiurkan, tapi coba pikirkan lagi deh biaya perawatan dan asuransi mobil yang harus kamu keluarkan. Belum lagi jika cicilan mobilnya belum selesai. Apakah sepadan?

Daripada berinvestasi untuk hal-hal yang nilai ekonomisnya menurun seiring berjalannya waktu, mendingan berinvestasi emas. Emas dapat bertahan terhadap arus inflasi. Meskipun ada masa dimana emas mengalami penurunan, waktunya pun hanya sebentar.

Misalnya, Anda membeli emas batangan 20 gram di tahun 2011 dengan harga Rp300 ribu per gram, uang yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp6 juta. Jika pada tahun 2019 harga beli emas Rp583 ribu per gram dan kamu memiliki 20 gram emas, maka saat dijual uang yang diperoleh sebesar Rp11,66 juta. Keuntungan yang Anda dapat dari investasi emas ini sebesar Rp5,66 jutaan. Lumayan, bukan?

Baca Juga: Ketahui Outlook Ekonomi dan Peluang Investasi 2022

3. Bisa dijadikan sebagai jaminan

Lagi butuh dana mendadak tapi nggak mau jual emas batangan yang Anda miliki? Tenang, Anda tetap bisa dapat dana dengan menggadaikan emas batangan. Gadaikan emas yang Anda miliki sesuai dengan dana yang dibutuhkan.

Saat digadaikan, nilai emas lebih rasional dibandingkan saat Anda menggadaikan barang elektronik seperti handphone atau laptop. Dana yang Anda butuhkan juga bisa cair dengan cepat melalui proses penggadaian ini.

4. Investasi emas praktis dan murah

Yang paling menguntungkan dari investasi emas batangan adalah sangat praktis dan murah karena tidak butuh modal yang besar. Anda bebas membeli berapa jumlah emas batangan yang diinginkan sesuai dengan budget yang ada.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Reksa Dana

Itulah beberapa daftar keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan berinvestasi emas batangan, demi masa depan keuangan yang lebih cerah. Jika Anda ingin terus mengikuti berita terbaru seputar emas, investasi, dan keuangan setiap harinya, kunjungi terus laman Sakumas, karena Sakumas memberikan semua jawaban atas pertanyaan seputar emas yang #SobatSakumas inginkan!

Sumber: https://unsplash.com/photos/NcCNPwNLRFI 

Komentar