Menu
Apa Itu Emas Putih – Mengenal Perhiasan Emas Lebih Jauh
Posted : 2020-06-11, By Admin SHG
Apa Itu Emas Putih – Mengenal Perhiasan Emas Lebih Jauh

Mengenal Tentang Perbedaan Emas Berdasarkan Warna

Biasanya emas yang digunakan dalam melakukan investasi yaitu emas kuning dengan harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 847.231 dan harga jual Rp 806.103. Sama halnya dengan emas kuning, emas putih juga dapat dijadikan sebagai perhiasan hanya saja terdapat perbedaan dalam segi harga.

Dulunya jenis logam yang paling sering digunakan dalam pembuatan emas putih yaitu dengan menggunakan nikel. Namun saat ini nikel sudah tidak digunakan lagi sebagai bahan pembuatan emas putih dikarenakan banyak orang yang mengalami reaksi alergi. Sebagai gantinya, bahan yang digunakan untuk pembuatan emas putih yaitu perak dan platinum.

Jual Beli Emas Kuning dan Emas Putih

Emas putih sendiri merupakan logam yang dihasilkan perpaduan antara campuran beberapa logam yang berwarna putih dengan emas kuning. Kandungan emas yang ada di dalam emas kuning dan emas putih juga berbeda. namun biasanya kandungan emas kuning dan emas putih yang umum dijual di pasaran yaitu :

Emas kuning

Untuk pembuatan emas kuning biasanya menggunakan campuran 75% emas, 25% tembaga dan seng.

Emas putih

Untuk pembuatan emas putih biasanya menggunakan campuran antara 75% emas, 25% platinum dan perak.

Biasanya untuk membuat permukaan emas putih terlihat lebih cantik dan berkilau, diperlukan penggunaan rodium yang merupakan bahan logam yang akan melapisi permukaan emas putih. Rodium memiliki sifat yang mirip dengan platinum termasuk warnanya sehingga banyak membuat orang salah paham.

Emas putih yang tidak diberikan lapisan rodium akan membuat permukaan emas tampak lebih kusam. Emas putih yang sudah diberikan lapisan rodium akan terlihat lebih berkilau dan cemerlang dibandingkan dengan platium. Namun lapisan rodium akan hilang dalam waktu 12-18 bulan sehingga perlu dipoles ulang lagi dengan rodium. Perhiasan seperti cincin emas, kalung emas, atau gelang emas dapat dengan mudah dilapisi kembali dengan rodium untuk mengembalikan kilaunya. 

Platinum sendiri merupakan logam berwarna putih yang tidak memerlukan campuran lain lagi apabila digunakan untuk membuat perhiasan. Perhiasan dari platinum akan terasa lebih berat dibandingkan dengan emas 18 karat dikarenakan sifatnya yang lebih berat dan padat.

Platinum dapat memberikan kesan berkilau dan cemerlang tanpa harus dilapisi rodium lagi, berbeda dengan emas putih. Maka dari itu harga platinum jauh lebih mahal dibandingkan emas putih bahkan bisa 2 kali lipat lebih mahal. Banyak yang menyebut platinum sebagai emas putih padahal sebenarnya emas putih dan platinum merupakan kedua bahan yang berbeda.


Komentar